Informasi

5 Hal Kecil yang Bikin Uang Habis Tanpa Terasa

unnamed 11

Uang memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun terkadang kita sulit memantau pengeluaran, sehingga uang habis tanpa terasa. Apakah kamu pernah merasakan seperti itu? Jika iya, pasti kamu bertanya-tanya kenapa uang bisa cepat habis dan kemana perginya uang itu. Terutama jika kamu punya beban dari kredit online juga.

Tanpa disadari, kamu pasti sering melakukan beberapa hal kecil atau kebiasaan yang dapat membuat dompet cepat tipis. Agar tidak terulang kembali kamu harus mencari tahu apa penyebabnya. 

Apa saja sebenarnya hal-hal yang dapat menyebabkan uang cepat habis? Simak beberapa kebiasaan kurang baik berikut agar kamu dapat menghindarinya demi hidup lebih hemat.

Hobi Menyantap Snack

Ketika merasakan lapar di rumah, tanpa sadar kamu lebih memilih menyantap camilan daripada harus keluar membeli makanan berat. Itu berarti kamu harus selalu menyediakan stok jajanan atau cemilan di rumah.

Asal kamu tahu bahwa jika berbelanja camilan terlalu sering juga dapat menguras isi dompetmu. Coba bayangkan, berapa uang yang kamu keluarkan untuk setiap kali membeli jajanan atau cemilan? Kebiasaan seperti ini harus kamu hilangkan, agar uang yang kamu miliki tidak cepat habis.

Belilah jajanan sesuai dengan kebutuhan saja dan terjadwal. Misalkan kamu berbelanja cemilan ke supermarket cukup setiap satu bulan sekali. Dengan cara seperti itu, pengeluaran jadi lebih teratur dan pemborosan dapat dihindari. Mulailah untuk memilih camilan yang sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau aneka crackers yang lebih sehat dibandingkan gorengan.

Boros Paket Data

Pesatnya perkembangan teknologi, membuat seseorang merasa wajib memiliki telepon seluler. Apalagi sekarang semuanya sudah serba daring, jadi mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri.

Agar dapat mengakses suatu situs, media sosial, atau aplikasi komunikasi dibutuhkan koneksi internet. Sementara untuk membeli paket data internet membutuhkan biaya yang lumayan besar. 

Apalagi jika kamu menggunakan paket data secara terus-menerus, tentu akan menghabiskan banyak kuota internet. Hal ini menjadi salah satu penyebab uang cepat habis. Untuk menghemat pengeluaran kamu harus bisa mengontrol diri dan bijak dalam menggunakan paket data. 

Manfaatkan beberapa pusat wifi gratis jika menyedot data yang cukup besar. Misalnya wifi di kampus, perpustakaan atau di kantor bisa membantu kamu menghemat konsumsi paket data. 

Sering Nongkrong

Kegiatan nongkrong atau berkumpul bersama teman menjadi salah satu kebiasaan yang melekat di beberapa kota besar. Memang benar, nongkrong dapat melepas penat dan beban pikiran dengan melepas canda tawa bersama teman-teman kamu.

Akan tetapi, tanpa kita sadari nongkrong menjadi salah satu kebiasaan bikin uang cepat habis. Mengapa? Bayangkan saja, jika kamu nongkrong di tempat yang kekinian, seperti kafe, restoran, maupun Mal tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Paling tidak untuk sekali nongkrong membutuhkan uang minimal Rp50 ribu untuk secangkir kopi, segelas boba, atau seporsi fast food. 

Jadi, agar dapat menghemat uang kurangilah agenda nongkrong bersama teman-temanmu. Setidaknya, jika biasanya kamu nongkrong setiap hari, ubahlah menjadi seminggu sekali.

Membeli Barang yang Tidak Penting

Ketika kamu melihat barang yang kelihatan lucu dan menarik di mall atau pusat perbelanjaan lainnya, pasti kamu ingin membelinya, kan? Tapi, apakah barang tersebut memiliki manfaat dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama? 

Memang terlihat sepele, tapi jika kebiasaan asal membeli barang terus dilakukan dapat membuat uang cepat habis. Jadi, pertimbangkan baik-baik dahulu tentang kegunaan barang sebelum membelinya.

Jangan juga tergoda dengan promo dari beberapa marketplace. Kemudahan belanja online yang didukung oleh layanan fintech juga membuat kamu cenderung mudah membelanjakan uang. 

Cukup gunakan untuk hal yang paling mendasar. Misalnya seperti membayar tagihan listrik, BPJS Kesehatan, PDAM, pulsa bulanan, hingga kebutuhan tagihan pokok lainnya. Agar lebih mudah dibayarkan dalam satu channel, kamu bisa menggunakan aplikasi Kredivo. 

Selain menyediakan kredit online serta cicilan belanja online di lebih dari 1000+ merchant, Kredivo juga bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan. Bisa auto subscribe tagihan sehingga kamu tak harus khawatir layanan diputus. Kredivo akan membayarkannya dulu tepat waktu. 

Limitnya juga cukup tinggi, bagi member premium bisa mencapai Rp30 juta. Sementara bagi member basic maksimal Rp3 juta. Keuntungannya kini pengguna member basic pun bisa mencicil hingga 3 bulan tanpa bunga. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3%. Penggunaanya tetap harus bijak, gunakan tidak lebih dari sepertiga penghasilan bulanan. 

Tidak Pernah Membuat Catatan Belanja

Kebiasaan ini disebut dengan impulsive buying atau melakukan pembelian secara mendadak tanpa adanya perencanaan. Biasanya ketika kamu merasakan lapar, pasti akan langsung membeli makanan, kan?

Nah, pada saat itu juga kamu melakukan pembelian secara spontan tanpa memikirkan berapa harga dari total makanan yang dibeli. Jika terus-terusan seperti itu, pengeluaran tidak dapat dipantau dengan baik, sehingga uang bisa habis tanpa terasa.

Jadi, lebih baik kamu membuat catatan belanja untuk membeli semua kebutuhan pokok bulanan. 

Dari beberapa hal kecil yang bikin uang habis di atas mana yang masih jadi kebiasaan kamu? Mulai sekarang cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit agar pengeluaran lebih tertata.