Olahraga

Supersub dari Persija, Begini Profil Lengkap Heri Susanto

unnamed 13

Foto: Liga Indonesia

 

Anda yang menggemari sepak bola Indonesia, khususnya Persija Jakarta, hampir pasti akrab dengan sosok Heri Susanto, yang tak heran mengingat Heri selalu menjadi penyelamat tim berjuluk Macan asal Kemayoran itu. 

Meski Heri Susanto kini telah beralih ke Persis Solo, masih ada beberapa fakta menarik tentang pesepakbola ini. Beberapa fakta tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

  • Awal karir bersama SBB Bandung

Fakta menarik pertama tentang Heri Susanto adalah saat ia mengenal sepak bola. Meski lahir di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia sebenarnya besar dan berkembang di Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat.

Hal itu terlihat saat ia bergabung dengan SSB bernama Sidolig yang berada di Bandung. Dari situ, Heri Susanto memulai karirnya di sepak bola Indonesia.

  • Memilih sepakbola dibanding karate

Ketika masih kecil, Heri Susanto hampir masuk sekolah bela diri karate. Itu bisa terjadi karena dia mendapat instruksi dari orang tuanya untuk memilih karate daripada sepak bola. 

Namun, tekad Heri Susanto untuk memilih sepak bola berhasil meyakinkan orang tuanya untuk tumbuh dewasa kali ini.

  • Sempat masuk seleksi Persib Junior

Awal karir Heri Susanto tidak mudah dan ia terpilih untuk Persib Bandung U15 dan U17. Sayangnya, saat itu dia tidak bisa bergabung dengan tim Persib, sehingga Heri Susanto akhirnya sedikit patah semangat. 

Untuk menebus kegagalan seleksi tersebut, ia berusaha bermain baik di ajang Porda Jawa Barat 2013, sehingga ditarik keluar untuk bermain untuk Persipasi Bandung Raya (PBR).

  • Mendapatkan julukan Supersub di Persija

Di musim 2019, Heri Susanto mendapat julukan supersub saat menjadi pemain Persija Jakarta, hal ini karena ia selalu bermain di bangku cadangan untuk tim Jakarta. Dengan total 3 gol dan 5 assist di liga Indonesia, satu gol di Piala AFC dan Piala Presiden, hampir semua dia lakukan setelah menjadi pemain pengganti. 

Pelatih Persija Jakarta saat itu, Edson Tavares menilai Heri adalah pemain yang bisa mengubah permainan di babak kedua.

  • Total pertandingan dan gol yang dicapai Heri Susanto

Sejak debut profesionalnya di Persipasi Bandung Raya sejak 2015, Heri Susanto telah memainkan 90 pertandingan di semua kompetisi. Heri Susanto juga telah mencetak 8 gol dan tentunya akan terus bertambah karena masih aktif bermain. 

Heri Susanto sejauh ini bermain di Persija Jakarta (35 pertandingan) dengan mencetak 4 gol.

  • Heri Susanto memilih menggunakan nomor punggung 94

Di Persis Solo, Heri Susanto mengenakan nomor pengembalian yang tidak biasa, yaitu 94. Nomor punggung diambil dari tahun kelahirannya, yaitu 1994. Bisa mengatakan nomor belakang 94 bukan yang pertama digunakan oleh Heri Susanto.

Karena, saat masih di PSM Makassar Periana Balikpapan dan Persija Jakarta, Heri Susanto telah menggunakannya.

  • Heri Susanto mengidolakan Bambang Pamungkas dan Thierry Henry

Posisi Heri Susanto adalah sebagai penyerang tengah atau pemain sayap, seperti yang sering ditunjukkan di klub. Untuk menyelidiki mengapa ia menjadi penyerang terinspirasi oleh dua idolanya, Bambang Pamungkas dan Thierry Henry. 

Bagi Heri, Bambang Pamungkas sangat dikagumi di dalam dan luar lapangan. Thierry Henry dianggap sebagai striker yang sangat baik dalam hal kecepatan, dribbling dan passing yang selalu tepat. Heri Susanto adalah pemain yang menarik, apalagi dia sudah dewasa dan siap bermain sepak bola di Indonesia.